UKIRAN PADA RUMOH ACEH

Berikut akan dibahas mengenai beberapa ukiran yang terdapat dirumoh aceh. Pada dasarnya ukiran ukiran yang terdapat dirumah aceh itu memiliki pola yang tidak jauh berbeda, diantaranya yaitu berbentuk pola-pola seperti pola tumbuhan-tumbuhan ataupun pola pola yang berbentuk bunga.

Banyak atau tidaknya ukiran ukiran yang terdapat di bagian bangunan sendiri, biasanya tergantung pada si pemilik rumoh aceh tersebut. Status tingkat sosial biasanya yang menjadikan perbedaaan  banyak atau tidaknya ukiran tersebut.

Bagi warga yang memiliki status tingkat sosial yang lebih baik, biasanya  terdapat banyak ukiran yang akan kita dapati di sekitaran bangunan ( rumoh acehnya ). Namun , sedangkan bagi yang memiliki tingkat social yang lebih rendah, struktur maupun pola yang terdapat pada bangunan ( rumoh  aceh ) biasanya tetap sama, hanya saja, pada bagian ukirannya, tidak begitu banyak ( memilki sedikit pemakaian  pada bagian ukirannya ).

Berikut akan dibahas beberapa bentuk ukiran yang terdapat pada rumoh aceh dari hasil survey yang telah dilakukan. Beserta beberapa bagian pola-pola yang membentuk dari setiap ukiran ukiran yang ada tersebut.

Lokasi survey terletak di Desa Bungie Mesjid, Kabupaten Pidie.

Dari hasil survey yang dilakukan, terdapat beberapa rumoh aceh yang berhasil dikunjungi. Karena memang pada dasarnya, gompong bungie masjid ini sendiri masih bisa dikatakan sebagai suatu kawasan yang masih memiliki beberapa objek rumoh aceh yang terdapat disekitaran kawasannya.

Dari hasil survey yang dilakukan pun, pada kasus ukiran-ukiran yang ada, bisa dikatakan dari setiap rumoh aceh itu sendiri, hampir memiliki bentuk maupun pola yang berbeda-beda, namun tetap seperti yang sudah dijelaskan diatas, walau memliki berbagai bentuk yang berbeda-beda, namun jika diamati dari bentuk keseluruhannya, hampir kesemuanya memiliki bentu ataupun pola yang diambil dari bentuk pola tanaman, tumbuhan, ataupun dari bentuk bunga-bunga yang ada di daerah aceh.

Akan tetapi, hasil dari survey  juga menunjukkkan bahwasanya tedapat pula ukiran ukiran yang ada pada rumoh aceh yang memilki bentuk atau pola yang diadopsi dari bentuk bentuk hewan. Seperti : bentuk bentuk pola burung, buraq, dan juga lain sebagainya.


Berikut merupakan gambar-gambar ukiran pada rumoh aceh di gampong bungie masjid. Kabupaten pidie.







Sekian




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog