Contoh paper mengenai salah satu material bangunan yang sustainable...:



BAB I
PENDAHULUAN
Berikut merupakan pembahasan mengenai bahan material bangunan, yaitu “paints, stains and finishing”, yang memenuhi standar ataupun karakteristik dari jenis “green material”.
Namun sebelumnya, akan dibahas mengenai beberapa karakteristik dari bahan-bahan material green itu sendiri, diantaranya ialah :

1.1  CHARACTERISTIC OF GREEN BUILDING MATERIALS

       Diproduksi oleh perusahaan yg bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.
       Diproduksi secara berkelanjutan (harvested, extracted, processed, and transported and cleanly).
       Rendah “embodied energy”.
       Diproduksi secara local.
       Dibuat dari daur ulang sampah.
       Dibuat dari material alami atau terbarukan.
       Memiliki masa hidup panjang.
       Dapat didaur ulang.
       Tidak beracun.
       Efisien dalam penggunaan sumber daya.
       Bergantung pada sumber daya yg terbarukan.
       Tidak menimbulkan polusi.


BAB II
STUDI DAN ANALISA

2.1 “Paints, Stains and Finishing”
Cat identik dengan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan. Kini, kesadaran masyarakat akan produk yang ramah lingkungan, memacu produsen cat membuat cat ramah lingkungan. Dengan bahan dasar air, mereka mengklaim cat ini tidak akan meracuni lingkungan kita.
Kesadaran terhadap kelestarian lingkungan dan bahaya pemanasan global saat ini sudah menjadi isu warga dunia. Imbauan untuk menjaga lingkungan hidup dikampanyekan berbagai pihak.
Tak cuma dalam kehidupan sehari-hari, kesadaran melindungi lingkungan juga mulai merambah aspek lain, termasuk dalam urusan cat rumah. Cat menjadi unsur penting dalam sebuah bangunan rumah. Sapuan cat tembok bisa memberikan perlindungan dan menampilkan keindahan bangunan.
Namun, ternyata sebagian cat tembok yang selama ini beredar di pasaran tidak ramah lingkungan. Campuran air dan bahan kimia, seperti tiner, turut berperan besar dalam pencemaran lingkungan. Bau dan kandungan racun di dalam larutan cat bisa membahayakan kelangsungan makhluk hidup jika telah bercampur dengan air tanah.

2.2  CAT CHEMCOOL
Cat Chemcool, merupakan salah satu produk cat yang ramah lingkungan. Cat ini berbahan dasar air dan mengklaim tidak mengandung bahan berbahaya. Cat ini bisa langsung digunakan tanpa mencampur dengan zat apa pun, termasuk air.
Chemcool mengusung teknologi insulation coating atau teknologi peredam panas. Selain limbah sisa pengecatan aman bagi lingkungan, cat ini juga dirancang untuk meredam panas matahari.
Untuk diketahui, cat ini bisa memantulkan panas dan terik matahari yang menimpa bangunan. Teknologi peredam panas ini bisa mempengaruhi temperatur yang ada dalam ruangan,
Selain untuk tembok, Chemcool juga memiliki tingkat fleksibilitas tinggi lantaran bisa digunakan untuk media lain, seperti pengecatan atap, beton, dan asbes. "Teknologi peredam panas akan semakin terasa kalau digunakan untuk pengecatan komponen bangunan lainnya.
Selain mampu meredam panas, cat Chemcool memiliki fungsi pelapis bocor dan peredam suara. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan meredam suara pada saat terjadi hujan sebesar 40 desibel. Cat juga mampu melapis dan menutupi pori-pori berbagai lapisan bangunan, sehingga aman dari ancaman karat.
Tak hanya bagi pewarnaan bangunan, Chemcool juga mengklaim bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti melapisi bahan fiber tangki penyimpanan minyak dan gas hingga mobil pengangkut ice cream.
Selain ramah lingkungan, cat ini juga irit karena tiap liter bisa digunakan untuk mewarnai bidang seluas tiga meter persegi. "Chemcool memiliki tingkat kekentalan lebih baik dan lebih cepat kering dibandingkan cat biasa.

2.3  PORTER PAINTS
Produsen cat ramah lingkungan yang lain adalah Porter Paints dari Australia. Produsen ini mengusung tema ramah lingkungan, karena kandungan pewarna alami yang ada dalam setiap produk catnya.
Porter Paints memiliki produk cat ramah lingkungan yang cukup bervariasi. Ada Stone Paint untuk pengecatan eksterior dan interior, ada juga French Wash dan Interno Lime Wash, yang bisa digunakan untuk keperluan pewarnaan interior.
Ada pula merek Boncote untuk dekoratif eksterior. Tiap cat memiliki hasil tampilan warna yang unik dan berbeda-beda. Misalnya, Interno Lime Wash yang menghadirkan corak kapur dan berkesan antik berkat campuran bahan kapur dan pewarna alami. Cat tembok dengan standar green label, kadar VOC-nya maksimum 25 gram per kilogram cat.
Salah satu contoh lain produk cat ramah lingkungan :

2.4  IMPRA AQUA WOOD FINISH

Propan Environmentally Friendly Waterbased System



IMPRA AQUA WOOD FINISH Impra Aqua Wood Finish adalah rangkaian produk finishing kayu berbahan dasar air yang ramah lingkungan, 100 % bebas formaldehyde, tidak berbau tajam, dan diformulasikan tanpa mengandung logam berat yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

IMPRA AQUA WOOD FINISH produk mengandung sedikit volatile organic compound (VOC) sejak berbahan dasar air. Selain merugikan kesehatan, VOC yang dihasilkan oleh cat berbasis pelarut solvent dapat merusak lingkungan.

Emisi organik dari IMPRA AQUA WOOD FINISH jauh di bawah batas yang ditetapkan oleh standar internasional. Oleh karena itu, cat ini merupakan salah satu cat yang dalam proses pembuatannya, tidak mencemari lingkungan.

IMPRA AQUA WOOD FINISH juga tidak berbau dan tidak mengandung formaldehida (bau menyengat dan mengiritasi selaput lendir). Oleh karena itu, aman untuk diterapkan oleh siapapun termasuk Anda, pekerja atau pengrajin.

Produk ini juga tidak menghasilkan limbah beracun yang dapat mencemari air dan lingkungan. Dengan menggunakan produk AQUA IMPRA WOOD FINISH dengan air sebagai pelarut, risiko atau bahaya kebakaran di sekitar workshop diminimalkan juga.


2.4.1  KEUNGGULAN

Berbahan dasar air yang ramah lingkungan, 100 % bebas formaldehyde, tidak berbau tajam, dan diformulasikan tanpa mengandung logam berat yang dapat mengganggu kesehatan manusia


2.4.2  KEGUNAAN

Sangat cocok untuk finishing furniture atau interior yang transparan.

Sistem Impra Aqua Wood Finish terdiri dari :
  1. IMPRA AQUA WOOD FILLER (AWF-911)
Terbuat dari extender, pigment, dan emulsi acrylic water base. Produk ini didesain untuk mengisi pori-pori kayu. Kelebihan dari produk ini adalah mudah diaplikasikan, cepat kering, daya lekat yang baik pada substrat, penetrasi yang baik ke pori-pori kayu, dan mudah diamplas. Sangat cocok untuk finishing furniture atau interior yang transparan.
  1. IMPRA AQUA WOOD STAIN (AWS-921)
Adalah pewarna kayu berbahan dasar air, yang terbuat dari bahan yang berkualitas yang menghasilkan warna warna yang cerah pada serat kayu dan rotan. Selain itu, warna tidak cepat pudar, transparan, penetrasi yang baik pada serat kayu, cepat kering dan mudah diaplikasikan. Sangat cocok untuk finishing furniture atau interior yang transparan dan juga dapat dikombinasikan dengan berbagai tipe finishing transparan seperti NC, Melamine, Acrylic, and Polyurethane and sistem water based.
  1. .IMPRA AQUA SANDING SEALER (ASS-941)
Adalah sanding sealer berbahan dasar air yang terbuat dari resin acrylic. Produk ini memiliki kemampuan memgisi pori yang baik, mudah diamplas, dan daya lekat yang baik pada substrat.
  1. IMPRA AQUA LACQUER (AL-961)
Adalah cat akhir transparan berpengencer air berkualitas tinggi yang terbuat dari 100 % emulsi acrylic. Produk ini memiliki kelebihan transparansi yang baik, mudah diplikasikan, daya lekat yang baik pada substrat, tidak berbau, dan ramah lingkungan.


2.5  PARAFIN, SALAH SATU CONTOH FINISHING RAMAH LINGKUNGAN



Bagi anda yang pernah atau masih memiliki hobi mendaki gunung, mungkin sangat familiar dengan istilah parafin. Material ini sejenis minyak dalam bentuk padat (bentuk fisik seperti lilin) yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak air atau penghangat di kala istirahat di tengah perjalanan mendaki gunung.
Keterangan di atas hanyalah salah satu pemakaian sehari-hari material ini. Jika anda ingin perabot kayu jati anda terjaga dari peresapan air, parafin bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan finishing atau pelapis akhir.
Jenis material finishing ini lebih murah dibandingkan dengan teak oil yang bisa digunakan industri furniture. Dan kelebihannya adalah bisa lebih tahan air. Sedikit berbiaya untuk membeli alat gosok, akan tetapi untuk produksi yang lebih banyak akan tergantikan dengan efisiensinya.

Bagi produsen furniture kayu jati, hal ini akan lebih menguntungkan anda karena efek permukaan jati menjadi lebih baik sehingga konsumen akan memilih perabot dengan jenis finishing ini ketimbang teak oil atau politur.
Dari sisi kesehatan lingkungan juga lebih baik karena tidak mencemari tanah maupun udara di dalam produksi sehingga pekerja tidak mengalami resiko kesehatan sebesar bahan finishing lainnya.


BAB III
KESIMPULAN

“Saat ini, penerapan konsep-konsep sustainable ataupun pembangunan yang berbasis “ramah lingkungan” memang sudah seharusnya dilakukan serta didukung penuh terutama oleh pemerintah kita sendiri ( khususnya Pemerintah Indonesia ). Mengingat berbagai kendala iklim yang sudah terjadi layaknya seperti pemanasan global maupun perubahan iklim ekstrim di berbagai wilayah yang melanda.
Disamping itu, sudah sepatutnya bangunan-bangunan yang ada di waktu mendatang setidaknya harus memiliki material ramah lingkungan sebagai salah satu cara penghematan energy dan terciptanya konsep sustainable.
Kemudian konsep-konsep pendukung sustainable maupun faktor ramah lingkungan yang menganalisa berbagai produk yang telah dihasilkan seperti konsep “ecological Footprint” serta konsep “embodied energy” diharapkan dapat membantu pengklarifikasian berbagai produk yang dihasilkan, sehingga angka kecakupannya dapat diminimalisir sebaik mungkin.

"Karena semakin kecil energy yang diperlukan untuk menciptakan sebuah produk, maka semakin besar pula konsep produksi produk tersebut kedalam arah konsep sustainable ( ramah lingkungan )".  

Disamping itu juga, dengan banyaknya persatuan-persatuan yang terus mendukung konsep “ramah lingkungan” ( seperti LEED ) diharapkan dapat memberi ransangan terhadap berbagai persatuan lainnya di berbagai dunia untuk terus membantu ataupun juga ikut menerapkan konsep-konsep seperti ini, sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar, semakin cepat pula “krisis yang melanda bumi” ini dapat disembuhkan”.




Sekian

Comments

Popular posts from this blog